New Paradigm of Fisika Melins UAD

Prodi Fisika dengan peminatan Melins (Metrologi-Material Elektronika, Instrumentasi), FMIPA UAD telah memiliki paradigma baru dalam mensukseskan visi-misinya menjadi prodi yang leading dalam bidang tersebut denga n orientasi industri.

Dalam Rencana Strategis (Renstra) Ristekdikti disebutkan bahwa harapan masyarakat terhadap Pergruuan Tinggi (PT) berawal dari peranannya sebagai agen Pengajaran, kemudian naik ke tangga berikutnya sebagai agen Penelitian, kemudian menjadi agen Transfer Keilmuan kepada masyarakat dan ujungnya adalah sebagai agen Pengembangan Ekonomi.

 

Berkaitan dengan Renstra tsb, nampaknya prodi Fisika Melins FMIPA telah berada pada tangga teratas…..

Sebagaimana Gambar di samping,  Main Indicator dari harapan masyarakat / bangsa Indonesia terhadap peran Perguruan Tinggi adalah adanya : Inovasi, Lapangan Kerja, Industri dan Diperolehnya Pendapatan secara Finansial.

Pada Fase terakhir ini – Prodi Fisika Melins telah mencapainya mengingat Prodi Fisika Melins PUNYA Perusahaan Kalibrasi di bawah bendera PT Adi Multi Kalibrasi. PT ini telah memperkerjakan alumni2 Fisika Melins UAD termasuk program Magang bagi mhs yg belum lulus. Semua pekerja dan Mhs yg magang mendapatkan income yang sangat layak yang menjadi indikator terpenuhinya aspek Finansial sekaligus kemampuan perusahaan tersebut dalam menghasilkan profit.

Prodi Fisika Melins UAD di-desain tidak sekedar menyelenggarakan perkuliahan normatif bidang Ilmu Fisika Melins tetapi membangun kompetensi keilmuwan bidang Fisika terapan dengan melihat perkembangan industri yang bergulir dan bergulir maju dalam meningkatkan daya saing bangsa Indonesia tercinta !. Reverse curriculum inilah yang nantinya menjadikan perkuliahan di Fisika Melins UAD serasa live karena kandungan materi kuliah sejak awal sudah di-tarik kepada tujuan yang akan dicapai dengan penguasaan ilmu yang dipelajarnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *