Visi dan Misi

Visi

Pada tahun 2030 menjadi program studi Fisika yang leading dalam menjawab tantangan global dalam bidang ilmu Fisika peminatan Metrologi, Material Elektronika, dan Instrumentasi (MELINS) sejalan dengan nilai-nilai Islam.


Misi

  1. Menyelenggarakan program akademik yang mengarah pada profesionalisme dalam bidang Fisika MELINS untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Menyelenggarakan program penelitian yang berkualitas, inovatif, bermuara kepada komersialisasi dan berkontribusi untuk kepentingan nasional.
  3. Menyelenggarakan program pengabdian masyarakat yang tepat guna dan berkontribusi untuk kepentingan nasional.
  4. Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dalam spesialisasi di bidangnya.
  5. Membangun dan mengembangkan kerjasama strategis untuk penguatan kualitas tri dharma perguruan tinggi.
  6. Meningkatkan dan menjaga keberlanjutan atmosfer akademik yang kondusif dan islami.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai dan mampu menerapkan bidang ilmu Fisika untuk pengembangan teknologi, kreatif, inovatif, adaptif, dan berjiwa wirausaha serta berkarakter islami.
  2. Menghasilkan karya ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guan yang berkaliber nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan model kelembagaan yang profesional dan kuat dalam kapasitas berinovasi, sebagai agen pengembangan ekonomi (agent of economic development).

——————————-

BEBERAPA KEUNGGULAN KULIAH DI PRODI FISIKA MELINS UAD :

  1. Mahasiswa dididik dengan metode ‘learning by doing‘ dimana mata kuliah diarahkan pada Fisika aplikasi / terapan yang mempermudah konsep Link and Match dengan dunia kerja. Hal ini ditunjang oleh adanya perusahaan kalibrasi yang dikelola oleh Dosen2 Fisika Melins UAD di bawah bendera PT. Adi Multi Kalibrasi.
  2. Mahasiswa diberi kebebasan melakukan kegiatan inovasi dengan mendasarkan pada bidang ilmu Fisika dengan konsentasi Metrologi, Material Elektronika, dan Instrumentasi. Beberapa inovasi yang pernah dilakukan : Riset bidang Bio Living Sensors yang hasilnya diterbitkan di Jurnal Internasional, Prosiding Internasional, dll.
  3. Dosen2 memiliki pengalaman dalam men-derivasi-kan teori-teori Fisika ke aspek Aplikasi teknologi mutakhir. Dosen2 juga punya pengalaan dan kaliber menerapkan Ilmu Fisika di berbagai negara maju.
  4. Ditunjang dengan fasilitas dan prasarana unggulan seperti : Advanced Laboratory of Physics (ALOP) yang sekaligus tempat Nongkrong Ilmiah para mahasiswa Fisika Melins.  Ruangan kelas ber-AC, Perpustakaan digital, 24 jam Wifi dan internet akses.