Material Elektronika

Fisika Material merupakan salah satu cabang ilmu di dalam keilmuan fisika yang secara khusus membahas mengenai karakter fisik dari suatu material. Fisika Material mencoba memahami karakteristik suatu bahan bahkan sampai kepada tataran atomik. Mempelajari fisika material bertujuan untuk memhami karakteristik suatu material secara mendasar, kemudian mampu memodifikasi atau membuat material baru agar bisa diaplikasikan secara khusus.

Perkembangan dalam Fisika Material sangat mempengaruhi kemajuan teknologi dalam peradaban manusia. Sebagai contoh kita dapat melihat perkembangan ukuran dan kemampuan ponsel sejak awal ditemukan sampai sekarang tidak bisa lepas dari Fisika Material. Penelitian di bidang Fisika Material mampu menghasilkan bahan yang bisa menyimpan data lebih banyak bahkan dengan ukuran yang lebih kecil, atau bahan yang bisa memproses pengolahan data lebih cepat dengan ukuran yang lebih kecil juga. Peran Fisika Material dalam perkembangan ponsel hanya contoh kecil dari banyak hal yang bisa dilakukan Fisika Material bagi perkembangan peradaban manusia.

Program Studi Fisika UAD sendiri menawarkan peminatan Material Elektronik yang berfokus pada tiga bidang.

  1. Sensor dan detektor optik.
  2. Energi terbarukan dan teknologi penyimpanan energi.
  3. Material maju untuk teknologi pertahanan-keamanan.

Dari tiga fokus peminatan Material Elektronika ini Prodi Fisika UAD sudah mengembangkan berbagai teknologi aplikatif seperti di bidang sensor optik telah dikembangkan nanomaterial untuk sensor sinyal medis dan sensor radiasi infra merah. Di bidang penelitian energi telah dikembangkan sistem pemanen energi berbasis solar sel pigment-protein kompleks dan piezoelektrik, serta kapasitor berdensitas energi tinggi. Adapun penelian teknologi pertahanan keamanan berkaliber nasional dan  internasional dengan ngkat kesiapterapan teknologi 7-8-9 dikerjakan oleh Center for  Integrated Research and Innovaon (CIRNOV). CIRNOV bermitra dengan Dislitbang  TNI AD telah berhasil mengembangkan rudal kaliber 70 yang mampu menghantam  sasaran seper pesawat tempur, drone dan sejenisnya yang bergerak dengan kecepatan tinggi. Penelian ini juga mendapat dukungan dari PT Pindad dan Pustekbang LAPAN  untuk uji aerodinamik dan telemetrinya.

Dari penelitian di atas teman-teman pasti sudah bisa menyimpulkan tenaga pengajar Prodi Fisika UAD bidang Material Elektronika sangat berkompeten di bidangnya. Selain dukungan tenaga pengajar yang berkompeten Prodi Fisika UAD juga memiliki sarana laboratorium yang memadai dan pastinya bisa mengakomodir riset di bidang Material Elektronika. Jadi buat teman-teman yang tertarik di bidang Fiska Material jangan ragu untuk bergabung dengan Prodi Fisika UAD dan bersiap untuk memberikan kontribusi untuk membangun kedaulatan teknologi nasional.