Metrologi

Metrologi merupakan salah satu cabang ilmu di dalam satu induk besar keilmuan Fisika. Cabang Ilmu Metrologi secara spesifik mempelajari mengenai cara-cara pengukuran, kalibrasi dan pemastian akurasi pengukuran di bidang industri, ilmu pengetahuan dan teknologi. Program Studi Fisika Universitas Ahmad Dahlan adalah satu-satunya di Indonesia yang menawarkan peminatan metrologi dengan jenjang S1, di mana institusi pendidikan yang ada di Indonesia mengenai metrologi pada umumnya berjenjang D3.

Dari pengertian di atas sekarang teman-teman semua sudah tau kan betapa bidang metrologi memegang peranan yang sangat vital hampir di semua sektor kehidupan manusia. Karena hampir terpakai di semua sektor kehidupan manusia, lapangan pekerjaan yang berkaitan dengan metrologi terbuka lebar. Sebagai gambaran, di bidang kesehatan saja terdapat 511 kabupaten/kota se-Indonesia memerlukan SDM yang kompeten di bidang metrologi. Selain itu ada 12.654 Puskesmas dan Rumah Sakit se-Indonesia juge memerlukan pelayanan kemetrologian terkait kalibrasi dan tera ulang setiap tahun.

Untuk teman-teman yang tertarik dengan dunia pengukuran, kalibrasi dan pemastian akurasi pengukuran bisa mengambil peminatan metrologi ini. Proses pembelajaran pada peminatan metrologi ini tidak hanya di dalam kelas, tetapi juga melibatkan pembelajaran di laboratorium. Laboratorium yang biasa digunakan antara lain Laboratorium Fisika Dasar, Laboratorium Elektronika, Laboratorium Metrologi dan Instrumentasi.

Tenaga pengajar bidang metrologi di Program Studi Fisika Universitas Ahmad Dahlan juga sangat berkompeten di bidangnya dibuktikan dengan publikasi jurnal di beberapa jurnal bereputasi internasional. Tidak hanya memiliki kompetensi secara akademik, beberapa tenaga pengajar bidang metrologi juga memiliki latar belakang praktisi di industri metrologi. Jadi, untuk teman-teman yang berminat di bidang metrologi pasti tidak akan menyesal memilih peminatan metrologi, karena akan mendapatakan pengetahuan yang komprehensif.