HMPS Fisika UAD mengikuti Mustanas IHAMAFI di Bandung

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Fisika yang diwakili oleh Ketua HMPS Fisika, Luthfi Nurjuliansyah, menghadiri acara Musyawarah Tahunan Nasional (Mustanas) yang diselenggarakan pertama kalinya oleh Ikatan Himpunan Mahasiswa Fisika Indonesia (IHAMAFI) di Hotel Cherish, Lembang, Bandung Barat pada tanggal 29 Agustus 2018 sampai dengan 4 September 2018.

IHAMAFI sendiri merupakan organisasi berbentuk konfederasi tingkat nasional yang menghimpun himpunan mahasiswa fisika se Indonesia. Memiliki berfungsi sebagai wadah aktivitas dan koordinasi Himpunan Mahasiswa Fisika tingkat nasional serta media untuk menjalin hubungan dengan lembaga lain dan bertujuan untuk mengembangkan potensi keprofesian anggota agar dapat berperan serta dalam pembangunan bangsa.

 

Mengusung tema “Bumi parahyangan janten saksi, IHAMAFI Badami Tur Ngahiji” atau dalam Bahasa Indonesia berarti “Bumi parahyangan jadi saksi, IHAMAFI berkumpul untuk bersatu”, Mustanas dihadiri oleh beberapa delegasi dari semua wilayah anggota IHAMAFI seperti Universitas Andalas dan UIN Ar Raniry Aceh dari wilayah I; IPB, ITB, UNPAD, UPI, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UKI Jakarta, dan UNINDRA Jakarta dari wilayah II; UAD, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UNS, dan Universitas Tanjungpura dari wilayah III; Universitas Negeri Surabaya, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universitas Udayana dari Wilayah IV; dan Universitas Halu Oleo Kendari dari Wilayah V.

Acara pada Mustanas perdana ini antara lain seminar nasional, musyawarah tengah periode nasional, musyawarah wilayah 2 (khusus untuk himpunan yang ada di wilayah 2 saja), lomba poster, serta field trip.  “ini sih yang paling mantap, saat diluar rundown (makan, istiarahat di kamar, nunggu acara sidang dll) kita bisa bercengkrama lebih banyak, menambah relasi dan bisa bertukar pikiran lebih banyak. Nama Fisika UAD bisa dikenal lebih banyak universitas, nama universitas (prestasi) mereka bisa menjadi pelajaran buat kami, sampai saat ini sudah ada group KAHIM Fisika Se-Indonesia yang membantu setidaknya publikasi acara temen-temen Himpunan Fisika se-Indonesia” kata Luthfi.