Kuliah Perdana – Fisika untuk Kemandirian Dirgantara Nasional

Membuka masa perkuliahan semester gasal 2017/2018, Prodi Fisika meyelenggarakan kuliah perdana dengan tema Fisika untuk Kemandirian Industri Dirgantara Nasional pada hari Senin, 04 September 2017. Kuliah perdana kali ini mendatangkan Kepala Pusat Teknologi Penerbangan (Kapustekbang) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Drs. Gunawan Setyo Prabowo, dengan mengangkat tema Peranan Ilmu Fisika dalam Teknologi Penerbangan.

Drs. Gunawan, yang merupakan penanggungjawab program pesawat buatan Indonesia N219 dari pihak LAPAN memaparkan tentang proses perancangan disain pesawat terbang, pegujian awal dengan simulasi, perakitan mesin dan komponen, higga uji terbang prototipe pesawat N219. Dalam kuliah perdana ini juga dipaparkan potensi penggunaan pesawat N219 untuk melayani rute-rute pendek di bagian terluar Republik Indonesia, daerah yang bergunung-gunung, dan juga penerbangan pendek antar-pulau. Dengan kata lain, pengembangan pesawat N219 selain dapat meningkatkan ketersambungan dan pemberdayaan ekonomi antar-daerah juga mengemban misi kebangsaan bahwa bangsa Indonesia mampu berdikari dalam teknologi penerbangan.

Sebagai penutup, pembicara berpesan kepada mahasiswa untuk memperkuat konsep-konsep Fisika yang perlu disiapkan oleh generasi mendatang, antara lain: interaksi benda terbang dengan lingkungan, flight dynamics, flight mechanics, cuaca dan penerbangan, komponen dan sub-komponen pesawat terbang, simulasi komputasi dan sistem pengujian. Penguatan konsep-konsep Fisika ini penting sehingga lulusan prodi Fisika mampu mendukung perkembangan teknologi dan industri kedirgantaraan nasional.