Prodi Fisika berpartisipasi dalam FAST DAY

Program Studi Fisika berpartisipasi pada acara acara Open House bagi pelajar SMA se-DIY dengan tajuk “FAST Day” yang diselenggarakan oleh Fakultas Sains dan Teknologi Terapan (FAST) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada Senin-Selasa (27-28/1) di Kampus 4 UAD.

Acara ini dibuka langsung oleh Dekan FAST UAD, Imam Azhari, S.Si., M.Sc. Acara dibagi menjadi dua sesi, yaitu sit-in class (perkuliahan langsung di kelas) dan praktik langsung di laboratorium. Acara ini bertujuan untuk menghilangkan stereotipe bahwa ilmu sains adalah ilmu yang sulit serta upaya sosialisasi kepada para siswa SMA di DIY mengenai FAST UAD.

Selain dua kegiatan pokok diatas, terdapat juga pameran inovasi dari hasil karya mahasiswa-mahasiswa 4 Program Studi di FAST UAD antara lain Fisika, Biologi, Matematika, dan Sistem Informasi. Mahasiswa Fisika kali ini menampilkan karya-karya inovasi terkait dengan pemanfaatan Arduino antara lain Penyiram Tanaman Otomatis, Smart Trash Bin, Payung Otomatis, Ultrasonic Trash Bin, Magic Lamp, Alat Monitoring Suhu dan Kelembaban berbasis IoT, Pintu Otomatis, dan Brankas Anti Maling. Karya-karya inovasi tersebut ditampilkan agar para siswa SMA yang tertarik dengan ilmu Fisika semakin mengenal dan mengetahui bahwa Ilmu Fisika tidak hanya tentang ilmu rumus, melainkan ilmu yang mempelajarai tentang teknologi masa kini yang berguna untuk kehidupan sehari-hari.