Dosen Fisika UAD Dipercaya Sebagai Penerima Program Pengembangan Produk Teknologi yang Didiseminasikan ke Masyarakat BRIN

Produk Teknologi yang didiseminasikan ke Masyarakat ( PTDM ) merupakan skema pengabdian kepada masyarakat yang dikelola dan dikembangkan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan. Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat memberikan pendanaan kepada Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) untuk melakukan hilirisasi produk teknologi hasil penelitian untuk dapat dimanfaatakan oleh masyarakat.

Untuk mendapatkan pendanaan tersebut pengusul yang merupakan bagian dari Lembaga Litbang harus mengajukan proposal kepada Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN. Pada tahap selanjutnya proposal tersebut akan melalui tahap seleksi substansi yang dilakukan oleh tim.

Salah satu pengusul yang merupakan dosen Prodi Fisika UAD yaitu Umi Salamah, S.Si., M.Sc dipercaya menjadi salah satu penerima program ini (09/07/2021). Adapun topik yang diangkat adalah “Implementasi Sistem Kontrol dan Monitoring PLTS Hybrid untuk Otomatisasi Catu Daya Pompa Air Bersih Masyarakat Desa Serut, Kec. Gedangsari, Kab. Gunung Kidul.”

Riset mengenai sel surya atau pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) memang sudah lama dilakukan oleh Prodi Fisika UAD. Karena sel surya merupakan salah satu energi terbarukan yang di beberapa tahun ke depan akan mulai banyak dimanfaatkan. Dengan didanainya proposal tersebut, harapannya produk teknologi hasil penelitian PLTS Prodi Fisika UAD dapat dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat.