Tim Dosen Prodi Fisika Melakukan Program Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif di Gunung Kidul

Program Studi Fisika Melins kembali melakukan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan melalui kerja sama dengan Yayasan Pendidikan Islam (YAPIN) Nurul Huda kelurahan Serut, Gedangsari, Gunungkidul. Tim terdiri dari 3 dosen Prodi Fisika, yaitu: Damar Yoga Kusuma, Ph.D., Apik Rusdiarna Indra Praja, S.Si., M.T., dan diketuai oleh Qonitatul Hidayah, S.Si., M.Sc. Kegiatan yang dilakukan pada hari Selasa (20/04/2021) ini, mengusung program pembuatan media pembelajaran efektif-interaktif dalam masa pembelajaran secara daring.

Kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring seperi kurangnya pemahaman materi, mudah bosan mapun hilangnya fokus dalam pembelajaran yang dialami oleh siswa akibat tidak adanya bentuk diskusi langsung antara guru dan siswa, sulitnya guru dalam mengecek hasil pemahaman materi yang telah disampaikan pada siswa. Selain itu, hal yang paling sering terjadi akibat pembelajaran daring adalah lebih seringnya berjalan dalam satu arah, guru menjelaskan materi dan siswa hanya menyimak. Hal ini juga menjadi tantangan tersendiri, pemahaman siswa akan materi yang disampaikan guru dan rawan ketidakikutsertaan siswa dalam pembelajaran. Beberapa penelitian juga menyebutkan kualitas media pembelajaran yang baik dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam menerima materi dari guru.

Hal-hal diataslah yang pada akhirnya menjadi latar belakang diadakannya program ini, yaitu mampu menciptakan terobosan baru dalam pembuatan media pembelajaran yang efektif-interaktif untuk menunjang pembelajaran secara daring.

 

 

 

*Foto dan informasi berita diperoleh dari https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/gunungkidul/prodi-fisika-melins-uad-dan-yapin-nurul-huda-dampingi-guru-pembuatan-media-pembelajaran-interaktif/