Prodi Fisika Melakukan Kunjungan Industri ke LAPAN, BBLM, dan PT. Len Industri

Pengetahuan tentang aplikasi ilmu fisika dalam dunia kerja sangat dibutuhkan oleh mahasiswa. Selain kerja praktik, Kunjungan Industri merupakan kegiatan yang sangat membantu mahasiswa untuk mengetahui penerapan bidang keilmuannya. Program Studi Fisika FMIPA UAD kembali melakukan kegiatan kunjungan industri pada tanggal 5 dan 6 November 2018. Kunjungan industri kali ini diikuti oleh 42 mahasiswa Fisika FMIPA UAD dan didampingi oleh dua orang dosen Fisika FMIPA UAD yaitu Apik Rusdiarna Indra Praja, S.Si., M.T. dan Damar Yoga Kusuma, B.Eng., Ph.D.

Hari pertama kunjungan industri adalah dengan mengunjungi Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Bogor, Jawa Barat. Kegiatan yang dilakukan antara lain penyampaian profil Pustekbang dan juga implementasi ilmu fisika dalam beberapa kegiatan penelitian di Pustekbang, seperti pengujian wing static test UAV dan uji drop test landing gear Pesawat N219 oleh Engineer Pustekbang, Aryandi Martha, S.T. Selain mendengarkan paparan profil Pustekbang, Mahasiswa juga melakukan kunjungan di beberapa Laboratorium di lingkungan Pustekbang. Pertama adalah Laboratorium Supersonik yang dijelaskan oleh Engineer Pustekbang, Kurnia Hidayat, S.Si., mahasiswa diberikan penjelasan tentang cara kerja dan spesifikasi dari terowongan angin Supersonik. Penjelasan tentang cara kerja drop test landing gear pesawat serta kegiatan wing static test oleh Engineer Pustekbang Mukhlis dan yusuf Giri Wijaya didapatkan di laboratorium Aerostruktur. Selanjutnya di Laboratorium Manufaktur oleh Teknisi Litkayasa Dudi Targani, S.T., para mahasiswa memperoleh penjelasan tentang proses desain dan manufaktur  Lapan Surveillance UAV (LSU). Kunjungan terakhir adalah fasilitas Ground Satellite LAPAN. Para mahasiswa diberi penjelasan tentang program Litbangyasa Satelit LAPAN serta pengoperasian  dan pemanfaatan Satelit LAPAN yang disampaikan oelh Peneliti Sonny Dwi Harsono, S.T.

Disampaikan pula oleh Kabag Administrasi Pustekbang LAPAN, Encung Sumarna, semoga semakin banyak mahasiswa Fisika FMIPA UAD yang melakukan kerja praktek ataupun berminat menjadi pegawai di Pustekbang LAPAN.

Setelah mengeksplorasi pengetahuan dan informasi di Pustekbang LAPAN, rombongan melanjutkan perjalanan ke Bandung. Meskipun perjalanan Bogor-Bandung ditempuh selama 9 jam akibat kemacetan yang terjadi, hal itu tidak menyurutkan motivasi dan semangat mahasiswa Fisika FMIPA UAD untuk mendapatkan ilmu yang lebih.

Tiba di hari kedua, di Bandung, Mahasiswa memulai perjalanan mencari ilmu di PT. Len Industri (Persero). Sama seperti kunjungan sebelumnya, mahasiswa diberikan penjelasan tentang profile perusahaan serta di jelaskan pula unit bagian yang ada di PT. Len industri (Persero) antara lain Unit Bagian Teknologi Informasi, Komunikasi, dan Navigasi, Unit Bagian Sistem Transportasi, Unit Bagian Elektronika Pertahanan serta Unit Bagian Energi dan Produk Ritel.

Selanjutnya, perjalanan diteruskan dengan mengunjungi Balai Besar Logam dan Mesin (BBLM). BBLM berada di bawah naungan Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian. Mahasiswa diberikan penjelasan mengenai proses pekerjaan yang ada di BBLM seperti perancangan keteknikan, pengecoran dan perlakuan panas, serta  pemesinan dan pengelasan.

Selesai dari BBLM, rombongan langsung kembali ke kota Yogyakarta. Selama kunjungan industri berlangsung, para mahasiswa terlihat sangat puas dan menikmati. Seperti yang disampaikan oleh Alvionita Kusuma Astuti, “Acaranya sangat menyenangkan, walau harus macet-macetan tapi terbayar dengan ilmu yang yang didapat. Semoga tahun depan dapat dilaksanakan kembali”. Hal senada juga disampaikan oleh mahasiswi angkatan 2017, Fatih Irhamni, “Alhamdulillah seru, berjalan lancar juga dapat menambah keakraban. Waktu kunjungan di setiap instansi kurang lama. hehe. Semoga kunjungan industri selanjutnya semakin banyak pesertanya, dan kunjungan di lakukan di berbagai instansi lain yang ada di seluruh Indonesia”.