Pelatihan Kalibrasi Kembali Diselenggarakan oleh Prodi Fisika UAD

Program Studi Fisika Universitas Ahmad Dahlan (Prodi Fisika UAD) melalui Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Fisika Devisi Penelitian dan Pengembangan kembali mengadakan Pelatihan Kalibrasi yang diikuti oleh mahasiswa Fisika semester V atau lebih dan jalur ekstensi. Acara ini diselenggarakan di Laboratorium Kalibrasi dan Uji (LKU) UAD Lantai 9, Kampus IV UAD, Jalan Ring Road Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta (9-13/10/2018).

Pelatihan Kalibrasi merupakan agenda kegiatan rutin yang diadakan Prodi Fisika melalui HMPS Fisika setiap tahunnya. Acara kali ini dibuka secara langsung oleh Pelaksana Tugas Kepala Prodi (Plt. Kaprodi) Fisika, Damar Yoga Kusuma, B.Eng., Ph.D..  Seperti yang tercantum dalam publikasi melalui akun media sosial Instagram HMPS Fisika (@hmpsfisika_uad), peserta pelatihan akan diberikan materi tentang teori teknis dan praktek kalibrasi secara langsung. Materi yang disampaikan antara lain tentang ISO/IEC 17025:2017 oleh Margi Sasono, M.Si., serta materi tentang ketidakpastian pengukuran menurut ISO GUM dan kalibrasi alat kesehatan oleh Apik Rusdiarna Indra Praja, S.Si., M.T. Mahasiswa dikelompokkan menjadi 2 kelompok praktek kalibrasi dan dibagi dalam kelompok kalibrasi massa dan alat kesehatan secara bergantian. Praktek kalibrasi dipandu langsung oleh staf teknisi ahli dari LKU UAD.

 

“Alhamdulillah acara berjalan lancar meskipun ada sedikit kendala teknis seperti waktu yang sedikit molor karena adanya miss komunikasi dengan pihak LKU UAD, namun dapat tertasi dengan sangat baik. Semoga pelaksanaan Pelatihan Kalibrasi tahun depan, lebih lancar dan lebih baik daripada tahun ini”, ungkap Putri Diana selaku ketua pelaksana Pelatihan Kalibrasi tahun ini.

Putri Diana juga menambahkan tentang keluhan-keluhan paling banyak yang disampaikan oleh mahasiswa peserta pelatihan kalibrasi  antara lain mahalnya biaya Pelatian Kalibrasi serta durasi materi yang terlalu lama membuat beberapa peserta kehilangan fokus saat mendengarkan materi.